Apakah Bayi Sudah Cukup Mendapatkan ASI

>> Friday, March 5, 2010

Suatu hal yang sering dijumpai yang berhubungan dengan ibu yang menyusui (terutama bayi yang menyusu langsung pada ibu) adalah ketidakyakinan dan kekhawatiran bahwa ASI yang diberikan cukup atau tidak.

Berikut ini beberapa dasar untuk mengetahui apakah ASI yang diberikan cukup/tidak:

1. Frekuensi bayi menyusu

Bayi menyusu sekurang-kurangnya setiap 2-3 jam atau 8-12 kali per hari. Bayi sekitar usia 2 atau 3 bulan bisa mempunyai rentang waktu menyusu yang lebih lama (tidak lagi setiap 2-3 jam). Pada fase growth spruts, seringnya terjadi pada 10-14 hari setelah persalinan,sebagaimana pada usia 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan dan 6 bulan, bayi akan menyusu lebih banyak dan lebih sering Hendaknya ibu akan kemampuannya karena semakin sering bayi menyusu , produksi ASI juga akan meningkat.

2. Peningkatan berat badan bayi.

Adalah sesuatu hal yang normal pada bayi jikaƂ bayi mengalami penurunan berat badan segera setelah persalinan dalam kurun waktu 2 minggu (penurunan sekitar 5-7 % atau sekitar 10 % )

3. Mendengar suara bayi saat menelan ASI.

Jika diperhatikan dengan hati-hati, kemungkinan ibu akan mendengar suara bayi saat menelan ASI, termasuk kekuatan, kestabilan, dan irama gerakan pipi bayi . Saat itu bayi akan berhenti sejenak ketika bayi menelan. Sebagian kecil ASI terkadang sedikit keluar dari dalam mulut.

4. Perubahan konsistensi pada payudara ibu

Jika bayi menyusu dengan baik, payudara ibu yang semula terasa penuh (sebelum bayi menyusu) akan terasa kosong (biasanya payudara terasa lembut )

5. Diaper/popok bayi.

Pada beberapa minggu pertama, diharapkan bayi buang air kecil 6-8 kali per hari. Diaper yang basah diasumsikan sama dengan diaper sekali pakai yang kering dibasahi dengan 2-4 sendok makan air. Selain itu bayi hendaknya juga buang air besar minimal 3 kali tiap hari. Feces akan tampak berwarna gelap dan lengket pada beberapa hari pertama , kemudian berangsur angsur tampak berbiji-biji, lembek dan kuning keemasan.

6. Bayi tampak sehat.

Kapankah ibu perlu berkonsultasi atau mengunjungi ke dokter?

Ibu sebaiknya berkonsultasi jika bayi :

  • Tidak ada penambahan berat badan.
  • Tidak buang air kecil 6-8 kali perhari atau tidak buang air besar secara teratur.
  • Bayi rewel terus menerus setelah menyusu.
  • Tampak lesu/selalu mengantuk sepanjang hari.
  • Tidak tertarik/tidak ingin menyusu.
  • Muntah dengan kuat setiap kali habis menyusu.

Setiap bayi mempunyai keistimewaan sendiri. Sepanjang bayi tumbuh dan berkembang dengan normal, maka yakinlah bahwa bayi Anda telah cukup dengan nutrisi yang Anda berikan.

sumber:

mayoclinic.com

http://rumahkusorgaku.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

  © Free Medical Journal powered by Blogger.com 2010

Back to TOP