Skala Yaumil Mimi

>> Tuesday, March 30, 2010

Skala Yaumil Mimi

Bagian Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bersama Unit Kerja Pedia¬tri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia menyusun skema praktis Perkembangan Mental anak Balita yang disebut: SKALA YAUMIL MIMI



PERKEMBANGAN MENTAL

GERAKAN-GERAKAN KASAR & HALUS, EMOSI, SOSIAL, PERILAKU, BICARA



Perkembangan anak balita

- sangat penting sebagai dasar untuk perkembangan selanjut¬nya yakni prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja

- untuk perkembangan yang baik dibutuhkan:

1) kesehatan & gizi yang baik daripada ibu hamil, bayi dan anak prasekolah

2) stimulasi/rangsangan yang cukup dalam kualitas dan kuantitas

- keluarga dan KIA-KB mempunyai peran yang penting dalam pembinaan fisik, mental sosial anak balita



a. Dari lahir sampai 3 bulan:

- belajar mengangkat kepala

- belajar mengikuti obyek dengan matanya

- melihat kemuka orang dengan tersenyum

- bereaksi terhadap suara/bunyi

- mengenal ibunya dengan penglih&tan, penciuman, pende¬ngaran, dan kontak.

- menahan barang yang dipegangnya

- mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh



b. Dari 3 sampai 6 bulan:

- mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada de¬ngan bertopang tangan

- mulai belajar meraih benda-benda yang ada dalam jang• kauannya atau diluar jangkauannya

- menaruh benda-benda di mulutnya

- berusaha memperluas lapangan pandangan

- tertawa den menjerit karena gembira bila diajak bermain - mulai berusaha mencari benda-benda yang hilang



c. Dari 6 – 9 bulan

- dapat duduk tanpa dibantu

- dapat tengkurep iian berbalik sendiri

- dapat merangkak meraih benda atau mendekati seseorang

- memindahkan benda dad satu tangan ke tangan yang lain

- memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk

- bergembira dengan melempar benda-benda

- mengeluarkan kata-kata yang tanpa arti

- mengenal muka anggota-anggota keluraga dan takut kepada orang asing/lain

- mulai berpartisipasi dalam permainan tepuk tangan,dan sem¬bunyi-sembunyian



d. Dari 9 -12 bulan

- dapat berdiri sendiri tanpa dibantu

- dapat berjalan dengan dituntun menirukan suara

- mengulang bunyi yang didengarnya

- belajar menyatakan satu atau dua kata mengerti perintah sederhana atau larangan

- memperlihatkan minat yang besar dalam mengeksplorasi se¬kitarnya, ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda¬benda ke mulutnya

- berpartisipasi dalam permainan



e. Dari 18-24 bulan

- naik turun tangga

- menyusun 6 kotak menunjuk mata dan hidungnya menyusun dua kata

- belajar makan sendiri

- menggambar garis di kertas atau pasir

- mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil/kencing

- menaruh minat kepada apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang lebih besar

- memperlihatkan minat kepada anak lain dan bertnain-main dengan mereka



f. Dari 2 sampai 3 tahun:

- belajar meloncat, memanjat, melompat dengan satu kaki

- jembatan dengan 3 kotak

- mampu menyusun kalimat

- mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti kata¬kata yang ditujukan kepadanya

- menggambar lingkaran

- bermain bersama dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya

- berjalan dan mengeksplorasi rumah serta sekeliling rumah

- menyusun 2 atau 3 kotak

- dapat mengatakan 5-10 kata

- memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing



g. Dari 3 sampai 4 tahun:

- berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga berjalan pada jari kaki

- belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri menggambar garis silang

- menggambar orang hanya kepala dan badan mengenal 2 atau 3 warna

- bicara dengan baik

- menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya banyak bertanya

- bertanya bagaimana anak dilahirkan

- mengenal sisi atas, sisi bawah, sisi muka, sisi belakang mendengarkan cerita-cerita

- bermain dengan anak lain

- menunjukkan rasa sayang kepada saudara-saudaranya

- dapat melaksanakan tugas-tugas sederhana



h. Dari 4 sampai 5 tahun:

- melompat dan menari

- menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan - menggambar segi empat dan segi tiga

- pandai bicara

- dapat menghitung jari-jarinya

- dapat menyebut hari-had dalam seminggu

- mendengar dan mengulang hal-hal penting dan cerita - minat kepada kata baru dan artinya

- memprotes bila dilarang apa yang diingininya - mengenat 4 wama

- memperkirakan bentuk dan besarnya benda, membedakan besar dan kecil

- menaruh minat kepada aktivitas orang dewasa



Pendidikan/stimulasi yang perlu diberikan

- akademik sederhana; pengenalan ruang, bentuk, wama, per¬siapan berhitung

- pendidikan alam sekitar, sosialisasi, mengenal tingkungan masyarakat

- bermain bebas untuk mengembangkan fantasi dan memper¬kaya pengalaman

- menyanyi, menggambar

- bahasa: bercakap-cakap, membaca gambar, bercerita, meng¬ucapkan syair sederhana

- melatih daya ingat dengan antara lain bermain jualan, me¬nyampaikan berita

- menggambar

- membuat permainan dari kertas

- bermain musik

- mengenal tugas, larangan-larangan

- aktivitas sehari-hari (makan sendiri, minum sendiri, kontrol buang air besar, kontrol buang air kecil)

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

  © Free Medical Journal powered by Blogger.com 2010

Back to TOP